Belajar Yang Terbaik adalah Mengajarkan

Kamis, 09 April 2015

On 00.10 by Unknown in    No comments
Assalamualaikum wr , wb
Waaaaaa gak kerasa nih mas dan mba broo , udah lama banget ane gak update postingan di blog ini. Kira-kira hampir 3 bulan mungkin yaa ane gak pernah bergulat dengan nih blog :D. Dikarenakan ane sedang menjalani kegiatan dari ID-Networkers yaitu Pesantren IDN makanya ane jarang update. Awal di IDN sih ane masih sering update tapi dikarenakan  kebijakan dari Pak Boss Dedi selaku ketua disini kita semua "Santri Networkers" dipindahkan ke Sebuah Pesantren bernama Madinatul Qur'an yang terletak di Jonggol. Nih kalo yang belum tau letak Jonggol :v


Oke karena kalian sekarang udah tau dimana Jonggol maka saya tutup postingan kali ini yang berjudul "DIMANA JONGGOL".    Lhooooo salaah mass.
Oke di postingan kali ini ane bakal ngebahas tentang pengalaman ane selama belajar Agama alias Menjadi Santri di sebuah pesantren di Jonggol. Oke langsung aja CEKIDOT !!!


Cerita ini berawal ketika ane kembali ke Cileungsi tepatnya kerumah Pak Bos Dedi setelah selesai mengurus surat Prakerin. Kalo gak salah waktu itu tanggal 2 Januari 2015. Begitu ane sampe di Rumah Pak Dedi terdengar lah kabar cetar membahana dari anak-anak lain yang mengikuti program sama denganku. Mereka berkata seperti ini : " Ayoo beres-beres kita bakal ke jonggol !".


Seketika ane langsung Shock !. Hati menjadi tak karuan , jantung berdetak kencang , pikiran ku tak tenang , makan pun tak kenyaaa. ( Halaaaah opooo iki , lebay tenan ) hehehe. Akhirnya setelah selesai shalat Jum'at kami bergegas untuk berangkat menuju sebuah Pesantren bernama Madinatul Qur'an. Oh ya btw Madinatul Quran (Kita sebut saja MQ) ini memiliki beberapa Tingkatan, Yaitu MQ 1 dan MQ 2 Yang keduanya itu berbeda tempat guyss.. Tujuan pertama kita adalah ke MQ 1. Perjalanan kesana ternyata tidak semudah yang ane bayangin , kita harus melewati berbagai rintangan dan ujian , tanjakan dan turunan , belokan dan tikungan , makanan dan minuman pun kita lewati.


Gambarnya terlalu lebay yaa??. Yaudah intinya itu adalah perjalanan berat guys , dikarenakan kita harus satu mobil dengan jumlah Orang 9 Orang termasuk pak boss + Dengan alat - alat kita nge-lab -_-. Di perjalanan munculah rasa rasa yang aku takutkan , yaitu rasa mual. Dengan rute yang seperti gambar diatas , perut ane udah gak kuat diguncang di jalan.Rasanya perut ini tak kuasa menahan nya. Oke kita lupakan masalah perut itu, setelah cukup tersiksa diperjalanan akhirnya rasa tenang pun datang, Saat kita tiba ditujuan Yaitu Pesantren Madinatul Qur'an 1.


Setelah sampai disana kita disambut cukup ramah oleh santri dan ustad disana , kita diajak bermain bola oleh salah satu ustad disana. Cuaca disana sangat sejuk dan asri di sore hari , tapi tidak dimalam hari , malam di MQ 1 terasa sangaat duiingiin buat ane, dikarenakan terbiasa tinggal di bekasi yang cuacanya sungguh puaanaass. Dingin disana sangaat menusuk dikarenakan kita harus tidur di masjid yang tidak ada tembok disampingnya , ustad disana bilang , masjidnya di design seperti itu bertujuan untuk membuat suasana nyaman ketika menghafal Al-Qur'an.

Kemudian keesokan harinya kita dipindahkan dari masjid menuju ruang kelas di MQ 1 , yaa karena disana masih liburan jadi ruang kelas tidak dipakai disana. Yasudah tanpa berpikir lagi kita langsung berpindah ke Ruang Kelas.


Aku pikir situasinya akan lebih baik dari masjid , ternyata tidak juga. Di malam pertama di Ruang Kelas kita harus bertempur dengan 1 batalion pasukan paling berbahaya , yaitu pasukan semut. Semalaman kami bertempur dengan semut semut itu dengan bersenjatakan kertas dan air. Kami menutup lubang-lubang tempat bersemayam nya pasukan semut tersebut , tetapi hal itu malah membuat pasukan semut tersebut menjadi Marah dan kesal. Habis sekujur badan ane di gigit semut semut itu.


Selama beberapa hari disana kita sudah mulai terbiasa dengan semut semut tersebut. Mungkin semutnya sudah lelah akhirnya meninggalkan kami :D. Oke lupakan tentang semut sekarang kita bahas kegiatan selama di MQ 1. Kegiatan disana tidak jauh berbeda dengan pesantren pesantren lainnya. Kami mulai belajar cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar , kita juga mulai belajar menghafal Al-Quran. Dan yang lebih Joss lagi adalah kita belajar berbahasa Arab disana ^_^.  Tetapi kita tetap diberikan waktu untuk nge-lab dan belajar Networking tentunya. Inilah keadaan lab kita disana , lesehan tapi joss !!


Selain ngelab dan belajar agama disana ane juga dapat pengalaman menarik guys , sebenarnya ini lebih ngarah ke refreshing siih. Karena bakal jenuh kalo nge lab terus akhirnya kita mutusin buat refreshing , tujuan pertama kami adalah sawah , yaps tempat paling menarik yang gak akan dijumpain di kota kota besar ini lah destination kami buat refreshing. Nih cuplikan cuplikan refreshing kita.





Oh ya disana juga ane mendapat pengalaman menarik yaitu pergi ke pemandian Sodong, Wuiiiiiih pemandian. Disini lah pertama kalinya ane pergi ke pemandian Sodong tersebut. berikut ane lampirin poto poto persiapannya, dan maaf yaa gambar pas disodong untuk pertama kalinya ane gak lampirin dikarenakan file nya corupt wkwkw , mungkin di lain postingan akan banyak poto poto di sodong.




Itu dia sedikit poto poto yang menggambarkan kegiatan ane selama di MQ 1 , setelah kurang lebih 1 minggu disana , kita dipindahkan ke MQ 2 , dikarenakan Santri disana sudah mulai masuk makanya kita semua diungsikan ke MQ 2 , Tapi pengalaman yang seru baru dimulai di MQ 2 Gaeesss . Pengalaman di MQ 2 bakal ane ceritain di postingan yang lain yoo , karena pengalaman disana itu Suaaaangaaaaatt Buaaanyaaaak dan berkesan buat ane.
Oke sekian dulu !
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar