Belajar Yang Terbaik adalah Mengajarkan

Kamis, 09 April 2015

On 18.57 by Unknown in    No comments

Assalamualaikum wr.wb
Melanjutkan dari postingan ane sebelumnya tentang Pengalaman Di Jonggol , di postingan kali ini ane bakal nyeritain tentang pengalaman kita setelah hijrah dari MQ 1 menuju MQ 2. Awal mulanya ane ragu buat pindah kesana , dikarenakan menurut ustad di MQ 1 kalo di MQ 2 itu wajib berbahasa arab. Kacaaaau mana bisa ane bahasa arab lancaar -_-. Tapi setelah disana semua pikiran negatif itu berubah , dikarenakan santri disana sangaat ramah ditambah lagi mereka semua hampir sebaya dengan kita , meskipun ada beberapa santri yang bisa dibilang sudah berumur dan memiliki anak , hehehe.

Oke di postingan ini ane bakal mengkategorikan beberapa kejadian-kejadian disana, soalnya terlalu banyak pengalaman disana, dan ane lupa urutan dari kejadian tersebut. Wkwkw. Oke untuk pertama ane mulai memperlihatkan keadaan dari MQ 2, jadi di MQ 2 ini cuma ada 1 masjid dan itu dipakai untuk shalat sekaligus untuk tidur santri.Oh yaa , di MQ 2 juga mereka diajar langsung oleh Syeikh dari Yaman , disana ada 2 Syeikh yaitu Syeikh Kamal dan Syeikh Muhammad. Ane lupa nama panjang nyawkkwkw. Mohon maaf juga poto poto syeikh tidak dapat kami ambil , karena syeikh disana berpendapat bahwa poto itu haram.Oke jadi ane lampirin aja gambar masjidnya gaes. Ini gambar masjid nya gaess

Masjid Madinatul Qur'an 2

Dan mohon maaf , keadaan didalam masjid nya gak ane lampirin. Soalnya rada susah untuk memotret bagian dalamnya , dikarenakan alat elektronik tidak diperbolehkan disana. eiiiitss bukan berarti karena tidak diperbolehkan membawa alat elektronik jadi kita tidak nge-lab. Disana kita masih bisa ngelab , tetapi kita ditempatkan di Kantor MQ 2 itu. berikut keadaan lab baru kita di MQ 2


Lab di MQ 2

Selain ngelab kita juga belajar agama tentunya disana. Kita belajar masalah Tauhid dan Aqidah. Tentunya dengan guru guru yang asyik , karena umur mereka tidak berbeda jauh dengan kita. Tapi mohon maaf gaes , sekali lagi poto saat kita belajar agama tidak ane lampirkan , karena gambarnya tidak ada :v.
Jadi lanjut aja selain belajar agama dan nge-lab kita juga belajar bahasa Inggris + Presentasi bahasa inggris. Wuiiihh Joss kan ??. Berikut ane lampirin sedikit poto pas , presentasi dan belajar bahasa inggris. Maaf gambarnya rada jeleek.


Belajar Bahasa Inggris + Presentasi

Oh ya , disana juga ktia dapat pengalaman yang Kereeen lhoo , disana kita belajar untuk memasak makanan sendiri , wuiiih 'feels like a master chef' wkwkkw. Yaps karena tujuan kita di lempar ke jonggol adalah untuk belajar agama dan belajar mandiri makanya disini kita di perintahkan untuk memasak sendiri. Joss laah pokok nya



Masaak

Oke setelah banyak belajar dan nge-lab selanjutnya kita masuk ke tahap REFRESHING !!!
Yeaaay , tentu saja hal ini jauh lebih berkesan karena tempat refreshing disini itu jauh lebih indah dibanding dikota. Oke yang pertama ane kasih dulu poto pas kita disodong. Kalo pas di MQ 1 ane gak sempet lampirin mohon maaf yoo.
Selama di MQ 2 ini kita sering banget refreshing ke sodong , mungkin jadwal resminya itu ketika hari jum'at, karena disana hari liburnya adalah hari jum'at


Selain ke sodong kita juga refreshing ke Sawaah mas dan mba broo. Sama halnya dengan di MQ 1 sawah di dekat MQ 2 ini juga gak berbeda jauh ,  pemandangannya indah , suasananya sejuk ,namun ada yang sedikit membedakan disini. Selama kita refreshing di Sawah kita harus berbahasa Inggris. Wuiiiih joss kan ??!! , kapan lagi bisa ngelatih bahasa inggris sambil maen di sawah wkwkkww. Nih Cuplikannya



Goes to Sawah

Oh yaa ada lagi nih yang josss , selama kita disana selain memasak sendiri dengan menu menu yang apa adanya terkadang juga kita makan enaaak dengan menu yaaang WAAAAH. Seperti Daging kambing , ayam , roti maryam ,Jus lemon , dll. Pokoknya rasa rasa arab laah. Makan enak seperti ini hanya terjadi dimomen momen tertentu aja. Seperti perpisahan Syeikh Muhammad yang kembali ke Yaman , Perpisahan santri , Aqiqah anak salah seorang ustad disana.


Makan Besaar

Dan inilah best picture saat makan makan wkwkwkwkw , poto ini gambar si fadhil lagi narsis dengan mukanya yang konyool wkwkkwkw.
Fadhil Narsis

Dan setelah kurang lebih tiga bulan disana ,Momen mengharukan pun tiba, yaps karena waktu kita belajar di Pesantren sudah usah maka dari itu kita harus berpisah dengan keluarga besar MQ 2 dan kembali ke Cileungsi. Tapi sebelum pergi kita ngadain acara 'LAST TO SODONG' bersama santri santri lain. ini dia cuplikannya









Berat sebenarnya ane ninggalin Pesantren Madinatul Qur'an , namun harus bagaimana lagi , memang sudah takdirnya begini. Oh ya sebelum perpisahan kita semua dapat kalimat Emas dari Ustad disana. beliau itu guru yang ngajar Tahfidz ane disana, Namanya Mas Kholis. kita biasa memanggilnya Pak Boss. Kalo mau tau yg mana pak boss kholis , ini poto nya, yang pake baju hitem broo



Begini kalimat dari Pak Boss Saya :


Sebuah kalimat yang sangat bermakna buat ane , sebelum berpisah juga kita sempat diberi nasihat oleh santri santri pembimbing disana. Dan yang lebih joss lagi kita diberi nasihat langsung oleh Syeikh Kamal. tentunya dengan salah seorang pen-translator. Oke berikut cuplikan perpisahan kita :').




Poto Sebelum perpisahan

Selama 3 bulan di MQ 2 terlalu banyak kenangan indah yang dibuat disana yang gak bisa ane jelasin dan lampirkan di postingan ini, mulai dari Masak , belajar , pergi ke sodong , ke sawah , membantu mengankat BATAKO untuk pembangunan masjid , Gotong Royong mindahin KANDANG KAMBING , membantu kambing melahirkan :v , Membuat Rak Sayuran , motong bambu , bantu bantu masak-masak acara aqiqah , Dauroh Islam , Sampe RONDA MALEM pun ane lakuin disana. Pengalaman yang gak mungkin bisa dilupain, sungguh ane sangat berat pisah sama temen disana. Tapi ini sudah jalannya mau diapain lagi. Ane cuma bisa ngucapin banyak terimakasih buat pihak pesantren yang udah nerima kita semua disana , terima kasih juga buat Pak Dedi yang udah ngirim kita belajar agama kesana. Terima kasih buat teman-teman santri dan guru kita disana. Terima kasih buat semua canda dan tawanya , makasih buat pengetahuannya , makasih buat semua makanan yang enak nya , POKOK NYA MAKASIIH BUAT SEMUANYA. Ane gak mungkin bisa ngebales semua kebaikan kalian.
Jazakumullah Khairan Katsiran.

0 komentar:

Posting Komentar